Makna Bendera Palestina - Zul ismal Blog

Makna Bendera Palestina

Share This

Akhir September 2015 menjadi hari yang bersejarah bagi seluruh warga Palestina. Untuk pertama kalinya, dunia akhirnya mengakui secara resmi Palestina sebagai negara yang merdeka. Kemarin, (30/9) Simbolisasi sebuah bendera Palestina sebagai lambang negara yang sangat dibanggakan akhirnya bisa ikut menjulang tinggi dalam jejeran tiang bendera negara-negara anggota PBB di Markas Besar PBB, New York Amerika Serikat.

Pertama kalinya dalam sejarah komunitas dunia di bawah naungan PBB, bendera Palestina bisa sejajar dengan bendera negara-negara anggota PBB lainnya.
Bagi warga Palestina, berkibarnya bendera negara Palestina dengan warna khas merah, hitam, putih, dan hijau di Markas PBB itu tak hanya menjadi kebanggaan semata, namun satu langkah besar dan harapan dalam upaya diplomasi kemerdekaan penuh negara Palestina.
Dikutip dari CNN Indonesia, Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon mengucapkan doa dan harapan bahwa berkibarnya bendera Palestina di PBB akan membawa selangkah demi langkah perubahan bagi warga Palestina dan komunitas internasional untuk mewujudkan terciptanya negara Palestina yang merdeka. Hal ini pun diamini oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang bahkan menetapkan tanggal 30 September sebagai hari bendera Palestina di negaranya. Bagi Palestina dan jutaan rakyatnya yang masih tertindas oleh zionis Israel, bendera Palestina adalah lambang dari kemerdekaan, kebudayaan, keagamaan, dan perjuangan tanpa lelah dalam merebut hak-hak mereka sebagai warga negara yang merdeka jauh dari penindasan.
Nah menyimak kabar bahagia tersebut, tentu ada sedikit pertanyaan dalam benak kita, sesungguhnya apa arti dari ke empat macam warna dalam bendera Palestina? Berikut penjelasannya:
Seperti yang dikutip dari sebuah artikel di laman media CNN Indonesia, bendera empat warna dengan motif segitiga di sebelah kirinya itu pertama kali digunakan oleh Organisasi Pembebasan Palestina atau PLO pada tahun 1964 silam.
Berdasarkan penjelasan dari Dr. Mahdi Abdul Hadi, kepala lembaga Palestinian Academic Society for the Study of International Affairs dalam tulisannya berjudul “Evolusi Bendera Arab”, menjelaskan arti dari bermacam warna yang terkandung dalam bendera Palestina.
Warna merah, adalah lambang dari bendera para pemimpin Islam masa lalu di Andalusia, warna merah menandakan perayaan kemenangan suku Muslim di Jazirah Arab dalam peperangan di Afrika Utara dan Spanyol dalam mempertahankan agama.
Warga hitam, adalah lambang dari janji pasukan tempur pimpinan Rasulullah Muhammad SAW. Kala Rasul menaklukkan kota Mekkah, Rasul membawa dua bendera berwarna hitam dan putih. Bendera putih bertuliskan kalimat Tauhid, lalu bendera hitam adalah perlambang kegagahan dan keberanian dari janji yang diikatkan di kepala para komandan perang.
Warna putih adaah perlambang dari bendera Dinasti Umayyah yang memimpin pemerintahan Damaskus selama puluhan tahun. putih pun adalah simbol dari peperangan Badar.
Warna hijau adalah simbolisasi dari Dinasti Fatimiyyah yang pernah berjaya di bumi Afrika Utara. Hijau menurut analisis adalah lambang kesetiaan dinasi Fatimiyyah terhadap Ali bin Abi Thalib.
(cal)
Source : ACT
img : demotix

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages