Masjid Dian Al Mahri, Cinta Umat pada Allah - Zul ismal Blog

Masjid Dian Al Mahri, Cinta Umat pada Allah

Share This

Masjid Dian Al Mahri, Cinta Umat pada Allah

Ghiboo.com - Allah menjadikan rahmat (kasih sayang) itu seratus bagian, lalu Dia menahan di sisi-Nya 99 bagian dan Dia menurunkan satu bagiannya ke bumi. Dari satu bagian inilah seluruh makhluk berkasih sayang sesamanya, sampai-sampai seekor kuda mengangkat kakinya karena takut menginjak anaknya. (HR. Bukhari no. 5541 dan Muslim no. 2752)

Masjid Dian Al-Mahri, atau Masjid Kubah Emas yang ada di Depok, adalah satu rumah ibadah Kaum Muslim di Indonesia, yang begitu Indah dan sejuk.

Masjid yang didirikan oleh Dian Djuriah Al-Rasyid, sejak tahun 2001, benar benar ingin menyampaikan rasa syukur dan rahmat Allah SWT yang begitu besar pada manusia, ini terlihat dari arsitektur masjid ini.

Kubah-kubah masjid ini dilapisi emas 24 karat setebal 2 hingga 3 milimeter, selain itu, di pojok-pojok masjid juga berdiri enam menara yang berbentuk segi enam (heksagonal) dengan tinggi sekitar 40 meter.

Keenam menara ini dibalut batu-batu granit abu-abu dengan ornamen melingkar, dan pada puncak menara-menara terdapat kubah yang dilapisi emas, enam menara ini melambangkan rukun iman.

Untuk interiornya, masjid ini memiliki
pilar-pilar kokoh yang menjulang tinggi untuk menciptakan nuansa keagungan.

Ruang masjid, didominasi warna krem untuk memberi kesan ruang yang tenang dan hangat.


Dua gerbang di sisi Utara dan Selatan serta gerbang utama di sisi Timur berhubungan langsung dengan halaman di bagian dalam.

Salah satu sisi halaman dalam, langsung berhubungan dengan ruang salat sedangkan tiga sisi lainnya dibatasi selasar dengan deretan pilar, pilar ini membentuk deretan gang beratap (arcade) yang seolah-olah menjadi pembatas.

Ada 33 jendela di masjid ini, yang masing-masing diisi kaligrafi dengan tiga nama Allah SWT sehingga seluruhnya berjumlah 99 (Asmaul Husna).

Di langit-langit kubah terdapat mural, yang nuansanya dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi di luar masjid.

Pada dasar kubah, terdapat koof lampu yang diberi aksen warna emas, secara umum, arsitektur masjid mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah.

Ada enam minaret (menara) berbentuk segi enam atau heksagonal yang melambangkan rukun iman, menjulang setinggi 40 meter, keenam menara itu dibalut batu granit abu-abu dengan ornamen melingkar.

Di seluruh dunia, hanya ada 8 buah Masjid Kubah Emas, dan di Bulan Ramadan ini, jika Anda memiliki waktu luang ke Depok, berikanlah waktu Anda untuk ke masjid indah ini.

Sebuah tempat yang sangat nyaman untuk, sejenak, meninggalkan kesibukan dan beribadah sembari menunggu bedug Magrib, kemudian berbuka puasa bersama.


sumber: http://id.berita.yahoo.com/masjid-dian-al-mahri-cinta-umat-pada-allah-103000080.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages